10 LANGKAH MENUJU POLA HIDUP SEHAT

10 LANGKAH MENUJU POLA HIDUP SEHAT

1. Perhatikan menu diet

Untuk mempertahankan gaya hidup sehat, Anda harus makan makanan sehat seperti sayur dan buah. Anda bisa makan sedikit karbohidrat, garam, lemak tidak sehat, dan hindari junk food.
Anda bisa meminum segelas jus dan buah di pagi hari dan porsi sayuran yang berbeda setiap kali makan.
Sayuran hijau dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit yang menyebabkan racun.
Antioksidan membantu melawan penyakit mata, meningkatkan kesehatan kulit, dan kesehatan secara keseluruhan.

Terlebih, World Health Organization (WHO) merekomendasikan makan buah-buahan dan sayuran sebagai bagian rutin dari diet Anda supaya tubuh mampu melawan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.
Selain itu, hindari melewatkan makan seperti meninggalkan sarapan karena dapat membuat Anda makan berlebih di siang hari. Perhatikan pula ukuran porsi makan untuk menghindari mengonsumsi kalori berlebih.

2. Perbanyak minum air putih

Anda dapat meningkatkan kesehatan sekaligus menghemat uang dengan banyak minum air putih. Air putih memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti menutrisi, membersihkan racun dari tubuh, meningkatkan fungsi otak, memberi energi pada otot, mengontrol kenaikan berat badan, dan menyeimbangkan suhu dan cairan tubuh.

Semakin sedikit minum akan menurunkan cadangan cairan dalam tubuh dan berisiko mengentalkan darah. Apabila darah mengental, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa.
Jantung yang bekerja ekstra dalam jangka panjang akan mengalami gangguan dan masalah lainnya. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk minum sekitar 8 gelas air per hari.

3. Kelola kesehatan mental

Menerapkan gaya hidup sehat tak cukup hanya dengan makan makanan bergizi. Kesehatan mental juga perlu diperhatikan karena mental merupakan fondasi kesehatan secara keseluruhan.

Penting untuk mengelola pikiran dan perasaan setiap hari. Kelilingi diri dengan orang-orang yang dapat memberi semangat dan masukan konstruktif. Biasakan untuk selalu melihat sisi kehidupan yang positif.
Sekalipun berada dalam situasi terburuk, yakin bahwa selalu ada sisi positifnya. Hindari menaruh perasaan negatif terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Hal itu hanya akan memunculkan ketidakbahagiaan dalam kehidupan sosial Anda. Meningkatkan kesehatan mental dan emosional dapat dilakukan dengan bersosialisasi. Jangan lupa untuk selalu tidur cukup, 7-9 jam setiap malam.

4. Jauhi stres

Agar terhindar dari stres dan tuntutan hidup, coba rileks dan istirahatlah. Ada saatnya untuk berhenti, menarik napas dalam-dalam, dan bersantai dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai.
Cobalah beberapa kegiatan santai seperti meditasi, mendengarkan musik, membaca, tidur, menonton komedi, atau berlibur.

Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu Anda bersantai dan mereka menimbulkan perasaan tenang dan bahagia.

5. Rutin berolahraga

Ibarat Anda sudah memiliki kesehatan mental yang baik, maka harus didukung dengan kondisi fisik yang sehat dan bugar.

Penelitian menunjukkan bahwa rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga membantu memperpanjang umur dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Cobalah berolahraga satu minggu tiga kali.
The American Heart Association menyarankan 150 menit berolahraga per minggunya. Pilih jadwal yang tepat dan luangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari.

Agar tidak membosankan dan merasa malas, pilih olahraga yang menyenangkan. Anda harus menikmati olahraga dan tidak merasa seperti dipaksa. Lakukan olahraga yang menyenangkan sekaligus memungkinkan bagi tubuh seperti senam aerobik, yoga, latihan sirkuit, berenang, berjalan, lari, atau bersepeda.

6. Tidur yang cukup

Pastinya waktu istirahat sangat dibutuhkan setiap makhluk hidup, termasuk manusia.
Umumnya, manusia membutuhkan durasi tidur tertentu tergantung pada usia. Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang relatif lebih lama, sedangkan orang dewasa butuh waktu tidur sekitar 6-8 jam per hari.
Sementara itu, orang tua (manula) memerlukan waktu tidur yang relatif lebih cepat dibandingkan anak-anak dan orang dewasa. Jadi anda diwajibkan tidur yang cukup agar tetap menjaga pola hidup anda.

7. Perbaiki waktu makan Anda

Hanya karena bekerja dari rumah, bukan berarti Anda bisa makan kapan saja. Pertahankan pengaturan waktu makan Anda seperti hari kerja. Sarapan, makan siang, dan makan malam paling lambat jam 9 malam.
Istirahat camilan di antara waktu makan utama Anda selama 10-15 menit, ini membantu menyegarkan Anda. Simpan camilan dalam jumlah yang Anda perlu makan di sisi Anda.

Jangan pernah membawa wadah ke meja kerja Anda. Jangan letakkan meja kerja di dekat tempat Anda menyimpan stok makanan. Tentu Anda tidak ingin mengunyah setiap kali Anda bangun dari meja Anda.

8. Konsumsi makanan cukup gizi

Salah satu keuntungan dari karantina ini adalah, Anda bisa lebih sering mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah, jadi buat setiap makanan seimbang.

Konsumsilah karbohidrat moderat, protein yang cukup, beberapa produk susu, dan banyak sayuran. Makan makanan bergizi akan berdampak pada tingkat energi dan produktivitas Anda.
Ini juga akan menjaga Anda dari konsumsi makanan cepat saji yang tidak baik bagi tubuh.

9. Istirahat yang cukup

Pastinya istirahat yang cukup adalah bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat ini dan juga anda perlu refreshing dengan mainkan game di agen slot online. Dibutuhkan istirahat dan tidur setiap orang tentunya berbeda-beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani.
Yayasan tidur nasional merekomendasikan bahwa usia dewasa muda 18-26 tahun membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam.

Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.
Memiliki waktu tidur yang kurang juga setara dengan mengonsumsi racun atau menjalani pola makan yang buruk. sebab karena itu, sesibuk apapun kamu, lebih baik diusahakan untuk selalu beristirahat dan tidur dengan cukup.

Namun jangan salah, tidur berlebihan juga tidak baik dan tentunya merugikan. Menurut studi, tertidur lebih dari delapan jam secara konsisten dapat menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.
Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, tidur dapat membantu kamu untuk membentuk tubuh yang proporsional. Tidur dalam posisi yang baik juga dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan.
Maka anda wajib atur pola jam tidur kamu agar bisa mendapatkan tidur yang efektif dan hidup sehat.

10. Berpikir Positif

Secara psikologi berpikir positif adalah aktivitas berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek positif pada diri, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal baik yang menjadi sistem berpikir.
Para peneliti telah menemukan manfaat dari berpikir positif untuk kesehatan. Salah satu manfaat berpikir positif adalah membantu membangun sistem kekebalan tubuh.

Dan pastinya berpikir positif tidak hanya dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, tetapi juga dapat menunjukkan pengaruh kondisi seseorang secara keseluruhan sehingga mampu memperpanjang usia.
Seseorang dengan pemikiran yang positif akan lebih merasa bahagia dan hal ini dapat memicu kamu untuk menjadi orang yang lebih produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *