12 MAKANAN RENDAH LEMAK YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

12 MAKANAN RENDAH LEMAK YANG BAIK UNTUK KESEHATAN

Selain bisa membantu Anda menurunkan berat badan, makanan rendah lemak bisa mencegah berbagai macam penyakit mengerikan, sebut saja penyakit jantung, kolesterol tinggi, hingga diabetes.
Tentunya, Anda tidak mau sederet penyakit menyeramkan itu datang kepada anda pastinya. Maka dari itu, kenali makanan rendah lemak yang baik untuk kesehatan ini dan jug untuk waktu santai anda saat main pada agen slot online.

Ini adalah sederet makanan rendah lemak untuk hidup lebih sehat
Jangan salah kaprah, tubuh juga membutuhkan lemak dari makanan. Sebab, lemak berfungsi untuk menyuplai tenaga dan mendukung pertumbuhan sel di dalam tubuh. Mengharamkan lemak dalam pola makan, tentu bukan pilihan yang bijak.

Namun, saat tubuh mengalami “overdosis” lemak, berbagai penyakit bisa datang menghampiri. Itulah sebabnya, Anda harus menyeimbangkannya dengan makanan rendah lemak yang akan dibahas di bawah ini.

1. Sayuran hijau

Makanan rendah lemak yang pertama adalah sayuran hijau. Makanan ini tidak mengandung lemak dan melah memiliki banyak zat mineral serta vitamin yang dibutuhkan tubuh.
Bayam mungkin menjadi salah satu sayuran hijau yang sangat familiar di lidah orang Indonesia. Meski begitu, masih ada kubis, sawi, hingga selada. Agar tidak bosan dengan bayam, coba saja sayuran hijau lainnya.

2. Buah-buahan

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga menjadi makanan rendah lemak yang wajib masuk dalam pola makan Anda. Hampir setiap buah tidak mengandung lemak berlebih, sehingga bisa menjadi camilan sehat yang dimakan sehari-hari.

Beberapa buah juga mengandung antioksidan, yang dipercaya dapat menangkal radikal bebas, sehingga penyakit seperti kanker, penyakit jantung, nyeri sendi, hingga penuaan dini dapat dicegah.

Buah-buahan adalah pilihan yang sangat baik jika kamu mencari camilan manis, sehat, dan rendah lemak. Hampir semua buah-buahan rendah lemak dan tinggi vitamin, mineral, dan serat. Faktanya, banyak dari senyawa tanaman bermanfaat ini bertanggung jawab atas warna-warna cerah buah-buahan. Selain itu, senyawa tanaman tertentu dikenal sebagai antioksidan kuat.

Untungnya, banyak penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Buah-buahan dapat dinikmati segar, kering atau dimasak. Cobalah menambahkannya ke smoothie dan salad atau memakannya dengan berbagai saus.

3. Ubi jalar

Ubi jalar adalah makanan rendah lemak yang tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Satu ubi jalar berukuran sedang, hanya mengandung 1,4 gram lemak.

Selain dikenal sebagai makanan rendah lemak, ubi jalar juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan beberapa vitamin B. Ubi jalar juga dilengkapi dengan zat mineral seperti kalium dan mangan.

Warna oranye terang disebabkan oleh jumlah beta-karoten yang tinggi, pigmen tanaman yang diketahui melindungi terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
Beta-karoten sangat bermanfaat bagi mata. Studi menunjukkan bahwa diet tinggi beta-karoten dikaitkan dengan penurunan risiko kondisi mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

4. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous adalah jenis sayuran yang berasal dari keluarga Brassicaceae. Mereka menjadi makanan rendah lemak yang baik untuk kesehatan. Jenis sayurannya sangat beragam, mulai dari brokoli, kol, lobak, hingga pakcoy. Semua sayur-sayuran ini sama sekali tak mengandung lemak.

Mereka juga mengandung bernama glukosinolat, yang berhasil menunjukkan kemampuannya dalam mencegah kanker, pada uji tabung.

5. Bawang putih

Kalau bisa diibaratkan, bawang putih adalah bumbu wajib masakan Indonesia. Hampir setiap masakan khas Nusantara, mengandung bawang putih di dalamnya. Ternyata, dunia Barat mengenalnya sebagai makanan rendah lemak.

Bawang putih mengandung sedikit kalori dan hampir tidak memiliki lemak. Bahkan, bawang putih telah terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi hingga menurunkan kolesterol.

6. Jamur

Jamur adalah makanan rendah lemak yang juga bisa menjadi pilihan. Selain memiliki banyak jenisnya, jamur ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Memang, nutrisi yang dikandung setiap jamur berbeda-beda.

Namun, tiap jenis jamur yang bisa dikonsumsi, memiliki kesamaan dalam kalium, serat, vitamin B, dan zat mineralnya. Jamur juga kaya akan antioksidan yang dipercaya mampu meredakan peradangan di dalam tubuh.

7. Dada ayam

Si makanan rendah lemak dengan protein tinggi ini menjadi makanan wajib bagi mereka yang sedang ingin membesarkan massa otot. Menu ini adalah makanan populer rendah lemak yang memberikan jumlah protein berkualitas tinggi yang mengesankan hanya dalam satu porsi. Dada adalah bagian paling ramping dari seekor ayam.

Satu porsi 3 ons (85 gram) dada ayam panggang tanpa kulit mengandung hanya mengandung sekitar 3 gram lemak tetapi menyediakan 26 gram protein (47).
Selain protein, ayam menawarkan sejumlah besar niasin, vitamin B6, selenium, dan fosfor.

8. Ikan tanpa lemak

Tidak semua ikan mengandung lemak. Nyatanya, ada ikan yang rendah lemak seperti ikan cod contohnya. Sekitar 85 gram ikan cod, hanya mengandung 1 g lemak, 70-100 kalori, dan 16-20 gram protein.
Ikan tanpa lemak juga mengandung vitamin B3, B12, fosfor, dan selenium.

9. Putih telur

Perlu diketahui, lemak dan kolesterol pada telur “berkumpul” di dalam kuning telurnya. Bagaimana dengan putih telur?

Faktanya, putih telur tidak mengandung lemak sama sekali alias 0 gram. Selain itu, putih telur juga tidak mengandung banyak kalori.
Sedangkan seluruh telur besar termasuk kuning telur mengemas 5 gram lemak. Putih telur juga rendah kalori dan sumber protein berkualitas tinggi, menjadikannya pilihan ideal untuk mengekang lemak dan kalori dari makanan kamu.

10. Produk susu rendah lemak

Susu, keju lembut, hingga yogurt (yang berlabel rendah lemak) menjadi asupan rendah lemak yang bisa masuk dalam menu makan harian Anda. Berbagai asupan tersebut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari zat mineral, vitamin B3, B6 dan B12.
Produk susu seperti yogurt mengandung probiotik, yang tak lain adalah bakteri baik untuk kesehatan usus.

11. Kacang dan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah kelas sayuran, mencakup kacang, kacang polong dan lentil. Rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Terlebih lagi, kaya serat, protein, vitamin B, dan mineral penting, seperti magnesium, seng, dan zat besi. Karena bergizi tinggi, kacang dan polong menawarkan beberapa manfaat kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa kacang dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol, serta mengelola kadar gula darah. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan dan polong-polongan secara teratur dapat membantu penurunan berat badan, karena jumlah serat yang tinggi dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

12. Biji gandum

Meskipun setiap butir memiliki profil nutrisi yang unik, semuanya rendah lemak dan dikemas dengan nutrisi, seperti protein, serat, vitamin E, vitamin B, seng, fosfor dan zat besi.

Sudah diketahui bahwa biji-bijian utuh termasuk biji-bijian kuno, bermanfaat bagi kesehatan kamu.
Pertama, kandungan serat yang tinggi dalam biji-bijian kuno mendukung pencernaan yang sehat, membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu mengelola diabetes.
Diet kaya biji-bijian juga dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit jantung dan stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *