Manfaat Tempe untuk kesehatan tubuh

Manfaat Tempe untuk kesehatan tubuh

Dari kesehatan usus yang lebih baik hingga kadar kolesterol yang lebih rendah, potensi manfaat tempe tidak terbatas dan anda juga bisa jadikan tempe sebagai cemilan anda ketika main di agen poker online. Jika anda baru memulai dengan makan nabati, ada kemungkinan anda tidak mencoba tempe, apalagi pernah mendengarnya sebelumnya. Namun, bahan lezat ini berfungsi ganda sebagai makanan vegan serbaguna dan sumber protein, prebiotik, vitamin, dan mineral. Selain itu, sangat lezat, mudah disiapkan, dan terkait dengan daftar panjang manfaat kesehatan.

Jadi apa sebenarnya tempe itu? Dan apakah tempe baik untukmu? Terus baca untuk semua yang perlu anda ketahui tentang sumber protein yang penuh daya ini.

Apa itu Tempe?

Tempe adalah makanan protein nabati yang berasal dari Indonesia. Tempe tradisional dibuat dari kacang kedelai yang telah mengalami fermentasi, yang merupakan proses di mana karbohidrat dipecah oleh bakteri dan ragi.

Kedelai kemudian ditekan dan diikat menjadi satu, patty yang padat seperti kue. Selain tempe berbahan dasar kedelai, ada beberapa variasi tempe lain yang tersedia, termasuk tempe yang terbuat dari kacang, rami,
gandum, atau gandum.

Tempe memiliki tekstur yang kuat dan rasa pedas namun bersahaja. Seperti produk kedelai lainnya seperti tahu, ia juga dengan mudah mengambil rasa apa pun yang dimasak dengan dan dapat direndam dan dibumbui untuk membantu meningkatkan rasa dengan mudah. Ini sering ditumis, dipanggang, dipanggang, dikukus, atau dipanggang dan ditukar dengan daging atau makanan protein lainnya sebagai bagian dari makanan tanpa daging yang lengkap.

Berkat fleksibilitas dan profil nutrisinya, tempe adalah sumber protein pokok pada banyak menu vegetarian dan vegan. Dari taco tempe renyah hingga tusuk sate kacang, ada cara tak terbatas untuk menikmati bahan
yang luar biasa ini dan semua manfaat tempe yang ditawarkan.

MANFAAT TEMPE

Ada banyak alasan mengapa anda ingin mempertimbangkan untuk menambahkan protein nabati ini ke dalam rotasi makan malam mingguan anda. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana tempe dapat mempengaruhi kesehatan anda dengan menjelajahi beberapa manfaat tempe teratas.

1. Kaya Nutrisi

Tempe adalah sumber yang bagus untuk beberapa nutrisi penting, menjadikannya tempat yang pantas untuk daftar belanja sehat anda berikutnya. Secara khusus, tempe adalah sumber protein yang bagus, menyediakan 15 gram kekalahan dalam setiap porsi 3 ons. Ini juga merupakan sumber zat gizi mikro yang sangat baik seperti mangan, fosfor, magnesium, dan riboflavin. Selain itu, mengandung kalsium dan zat besi, yang keduanya merupakan nutrisi penting yang sulit diperoleh pada diet vegetarian atau vegan.

2. Mendukung Manajemen Berat Badan

Apakah anda ingin menurunkan berat badan atau tetap bugar selama musim panas, anda harus mempertimbangkan untuk mencoba tempe. Ini sangat tinggi protein dan mengandung 31 gram protein di setiap cangkir, membuatnya setara dengan sumber protein hewani seperti ayam atau ikan.

Meningkatkan asupan protein anda adalah suatu keharusan ketika mengikuti diet untuk mengontrol berat badan; penelitian menunjukkan bahwa protein dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan metabolisme untuk mendukung pengendalian berat badan.

Sebuah penelitian pada tahun 2014 sebenarnya membandingkan efek dari diet protein tinggi yang mengandung protein kedelai atau protein berbasis daging. Menariknya, mereka menemukan bahwa kedua diet
menghasilkan hasil yang sama dalam hal penurunan berat badan dan pengendalian nafsu makan, menunjukkan bahwa diet vegetarian dapat sama efektifnya dengan manajemen berat badan.

3. Mempromosikan Kesehatan Jantung

Tempe kaya akan isoflavon kedelai, yang merupakan kelas senyawa yang telah dipelajari secara ekstensif untuk perannya yang bermanfaat dalam kesehatan jantung. Menurut satu ulasan dari 11 penelitian, isoflavon
kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol total dan LDL, yang keduanya merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Studi lain yang dilakukan di Macdonald Campus of McGill University memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa protein kedelai tidak hanya mengurangi kolesterol tetapi juga membantu menurunkan kadar trigliserida juga.

4. Sumber Antioksidan yang Baik

Salah satu manfaat tempe top lainnya adalah kandungan antioksidan bintangnya. Antioksidan adalah senyawa kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dapat memainkan peran kunci dalam kesehatan dan kesejahteraan, mencatat bahwa radikal bebas dapat berkontribusi pada kondisi kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan gangguan autoimun.

Isoflavon kedelai yang ditemukan dalam tempe bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh untuk membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Satu studi benar-benar menemukan bahwa isoflavon dalam tempe lebih efektif daripada yang ditemukan dalam kedelai dalam membersihkan radikal bebas, menunjukkan bahwa menambahkan tempe ke dalam makanan anda bisa menjadi pilihan bagus untuk mencegah stres oksidatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *