TIPS CARA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DISAAT PANDEMI VIRUS CORONA DAN FAKTA TENTANG VIRUS CORONA

TIPS CARA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DISAAT PANDEMI VIRUS CORONA DAN FAKTA TENTANG VIRUS CORONA

TIPS CARA MENJAGA KESEHATAN MENTAL DISAAT PANDEMI VIRUS CORONA

1. Melakukan aktivitas fisik

Berbagai olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat, dapat Anda lakukan selama menjalani karantina di rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik, pastinya tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres pada kalian dan pastinya mental kalian akan terjaga dengan sangat baik, dan mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood Anda.

Latihan peregangan dan pernapasan juga dapat membantu Anda untuk menenangkan diri. Jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk meningkatkan sistem imun.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Beragam nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari nasi dan cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu. pastinya bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda saja, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Menghentikan kebiasaan buruk

Bila Anda seorang perokok, cobalah hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Rokok akan meningkatkan risiko anda terinfeksi kuman penyakit. Selain itu, batasi juga konsumsi minuman beralkohol.
Pastinya kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental Anda.

Dan kebiasaan buruk yang juga perlu dihentikan adalah kurang beristirahat atau sering begadang. Jika anda kurang istirahat, Anda akan lebih mudah mengalami kecemasan dan mood anda pun akan lebih tidak stabil.

4. Membuat rutinitas sendiri

Selama menjalani karantina di rumah, Anda bisa melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai, misalnya memasak, membaca buku, atau menonton film.
Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh.

5. Lebih bijak memilah informasi

Anda harus membatasi waktu Anda untuk menonton atau mendengar berita mengenai pandemi dari televisi dan dari orang lain yang tidak jelas, maupun media sosial untuk mengurangi rasa cemas.
Meski begitu, jangan menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting. Pilah informasi yang Anda terima secara kritis dan bijak. kalian bisa mendapatkan informasi mengenai pandemi virus Corona hanya dari sumber yang terpercaya.

6. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman, dan rekan kerja Anda, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Anda bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan. Dengan cara ini, tekanan yang Anda rasakan dapat berkurang sehingga Anda bisa lebih tenang.

Kalau misalkan anda memang memiliki gangguan mental, anda harus konsumsilah obat-obatan yang telah diresepkan dokter secara rutin untuk tetap menjaga kesehatan pada mental anda. Dan bila lebih baik periksakan diri anda ke dokter secara berkala agar dokter dapat memantau perkembangan kondisi anda dan pastinya anda akan sangat jauh lebih terhindar dari virus – virus mematikan.

Memang rasa takut dan cemas itu sangat normal dirasakan selama masa pandemi seperti ini. Namun, anda cobalah untuk selalu berpikir positif dan lebih bersyukur. Jika stres dan ketakutan yang Anda alami terasa sangat berat, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater melalui fitur chat dengan dokter di aplikasi Alodokter.

7. Pilihan makanan

Kualitas makanan kita dan pilihan makanan sangat memengaruhi kesehatan mental. Saat ini, karena akses yang rendah ke makanan sehat, banyak orang dewasa menghadapi gejala kesehatan mental.
Guna mengatasinya, makan makanan penuh nutrisi dan membantu menjaga kesehatan otak kita.
Selain itu, hindari makanan olahan dan makanan cepat saji dan cobalah memasukkan sebanyak mungkin sayuran dalam diet harianmu.

8. Terima dan pahami kesehatan mental dirimu

Banyak orang tidak mau menerima kenyataan, bahwa mereka berada dalam kondisi gangguan mental, karena ketakutan sosial. Langkah pertama menjaga kesehatan mental adalah menerima fakta ini tanpa rasa takut dan memahami penyebabnya.

Ini sangat membantu anda dalam menemukan solusi terbaik untuk masalah kesehatan mental kita dan menyelesaikannya semuanya sebelum terlambat.

9. Disiplinkan diri Anda dan jadilah pelindung kehidupan

Meskipun kita berada di negara khatulistiwa yang panas dan lembap, faktanya penyebaran virus SARS Cov-2 tidak terpengaruh cuaca dan bisa bertransmisi di semua area. Kalian diwajibkan untuk memakai masker, pastinya hindari keramaian, tentu harus jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter, patuhi untuk selalu dirumah saja, jangan mudik, dan jangan piknik.

Lindungi kehidupan orang lain, keluarga di sekeliling kita, termasuk orang-orang yang kita cintai di kampung halaman sana.

10. Gunakan sumber terpercaya untuk mendapatkan informasi tentang COVID-19.

Tidak semua informasi tentang COVID-19 itu benar. Dapatkan fakta sesungguhnya tentang resiko dan cara pencegahan COVID-19 yang tepat dari sumber informasi terpercaya, seperti situs web WHO, Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Jangan sekedar mendengarkan pendapat-pendapat pribadi di media sosial yang belum teruji kebenarannya.

11. Tidak perlu panik, cucilah tangan Anda dengan sabun.

Apakah sabun dan air saja cukup? Jawabannya adalah iya, karena sabun menembus lapisan lemak virus, kemudian menghancurkannya.
Aliran air lalu akan menghanyutkan debu dan sisa-sisa virus yang telah dihancurkan. Anda tidak perlu panik untuk mencari dan membeli cairan antiseptik handsrub yang harganya sudah tidak masuk akal karena pandemi virus corona ini makin meluas.

FAKTA TENTANG VIRUS CORONA

Banyak informasi yang beredar, terutama melalui media sosial dan aplikasi pesan instan, seputar virus korona yang menyesatkan atau bohong (hoaks).
Selalu carilah informasi dari sumber yang diandalkan, cek kembali keabsahan dari informasi yang kamu terima dari orang lain, serta tegurlah seseorang jika mereka menyebarkan informasi yang menyesatkan atau bohong.

Beberapa fakta seputar virus corona:

– Virus corona menular melalui cairan kecil atau droplet yang keluar saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Virus corona tidak menular melalui udara.
– Menahan napas selama 10 detik tidak dapat menjadi cara untuk mengenali apakah seseorang terkena COVID-19.
– Meminum alkohol tidak dapat membunuh virus korona di dalam tubuh.
– Virus corona tidak dapat menular melalui darah atau gigitan nyamuk.
– Mandi dengan air panas, uap air panas, berjemur, atau mendekatkan diri dengan sumber panas tidak akan membunuh virus korona di dalam tubuh. Dan juga selesai itu mainkan game slot joker.

– Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk membunuh bakteri dan bukan virus, sehingga tidak akan menyembuhkan orang dengan COVID-19.
– Tidak ada bukti bahwa jahe, bawang putih, atau makanan/minuman tertentu dapat mencegah atau menyembuhkan seseorang tertular virus corona.
– Menggunakan kalung “virus shut out” tidak akan melindungi seseorang dari virus korona.
– Orang muda tetap berisiko mengalami kondisi serius saat terkena COVID-19, sekalipun persentasenya lebih rendah.
– Sampai dengan saat ini, belum ada obat atau vaksin yang dapat menyembuhkan atau mencegah seseorang dari tertular virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *