Tips menjaga kesehatan kulit dan memutihkannya

Tips menjaga kesehatan kulit dan memutihkannya

Kulit indah dan sehat ialah dambaan seluruh orang. Tapi keinginan untuk miliki kulit indah ada rintangannya juga. Faktor lingkungan yang buruk bisa merusak kesehatan kulit, tentu saja selain faktor alami yakni pertambahan usia. Seorang ahli kulit sehat menyatakan kalau kulit indah dan sehat sejalan dengan kebiasaan perawatan kulit yang tepat dan alami setiap hari.

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia dengan lapisan terluarnya yang dinamakan epidermis. Epidermis ialah bagian yang berperan penting dalam melindungi kulit dari faktor-faktor perusak di luar tubuh. Di balik epidermis ada lapisan dermis yang disebut juga sebagai lapisan tengah kulit.

Menjaga Kesehatan Kulit dengan Perawatan yang Benar Tiap Hari

Di dalam jaringan epidermis sendiri ada tiga sel pendukung, antara lain:

-Sel keratinocyte, produksi protein keratin menjadi bagian utama dari epidermis.

-Sel melanocyte, memproduksi pigmen kulit atau disebut melanin.

-Langerhans, mencegah benda asing masuki kulit.
Sedangkan di lapisan dermis, ada protein kolagen dan elastin yang kasihkan struktur dan membantu kelenturan kulit hingga terlihat sehat.

Kulit alami regenerasi tiap 27 hari. Meski begitu, sepanjang hidup manusia, kondisi kulit bakal berubah secara konstan menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung kepada berbagai faktor. Sebab itu, begitu penting untuk pertahankan kesehatan dan vitalitas organ pelindung ini dengan melakukan perawatan kulit secara rutin.

Faktor Penyebab Kerusakan Kulit

Selain pertambahan usia, faktor lingkungan berpengaruh pada perubahan kulit, terutama dampaknya kepada proses alami penuaan kulit. Ahli kulit sehat itu juga katakan kalau sinar matahari menjadi penyebab utama dari kerusakan kulit sebab adanya kandungan sinar ultraviolet dan radikal bebas. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dari matahari pada dasarnya bersifat merusak sebagaimana efeknya bisa merusak kolagen dan elastin. Elastin ialah protein di dalam jaringan kulit yang membuatnya terasa lembut dan tampak kenyal.

Sinar UV juga berdampak pada proses pigmentasi kulit. Dalam hal ini, efek negatif sinar UV bisa memicu kemunculan keriput, bintik-bintik cokelat, bahkan risiko kanker kulit. Belum lagi, tingginya radikal bebas turut berperan kepada pertumbuhan kanker kulit. Pada sisi lain, merokok dan polusi udara bisa mengurangi kolagen dan akibatkan proses penuaan kulit prematur, seperti halnya efek sinar UV matahari.

Baca juga : kesehatan mata yang perlu diperhatikan

Ahli kulit sehat juga menyatakan kalau masih ada faktor lingkungan lain yang dapar sebabkan kerusakan kulit, seperti paparan bahan kimia yang timbulkan iritasi dan alergi pada kulit. Ada lebih dari 3.000 alergen dan bahan iritatif yang tersebar di sekitar kita. Hal ini terutama menimpa orang-orang dengan kulit sensitif. Sebagai akibatnya, kulit jadi merah. Cara termudah dalam lindungi kulit ialah hindari kontak dengan bahan-bahan allergen itu, misalnya dengan gunakan pelindung tubuh dan mengganti produk perawatan yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Perawatan Kulit Sehat secara Alami

Perawatan kulit sehat alami bisa dilakukan dengan konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan, seperti buah beri, brokoli, wortel, dan bayam. Selain itu, produk dengan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E juga baik buat menjaga kesehatan kulit.

Lebih jauh lagi, guna hindari kerusakan kulit akibat faktor buruk lingkungan, butuh dilakukan upaya perawatan kulit dengan produk perawatan kulit yang juga mendukung biar tetap sehat dan bersinar. Berapa hal yang butuh diperhatikan dalam lakukan perawatan kulit secara rutin adalah:

-Rutin membersihkan wajah, setidaknya dua kali sehari. Pastikan untuk hapus riasan di malam hari sebelum tidur. Pakai pembersih lembut yang tidak mengandung deterjen dan pewangi. Utamakan juga pembersih wajah yang berbahan alami.

-Gunakan produk pelembap. Tidak Cuma bagi pemilik kulit kering, namun pakai produk ini juga buat Anda yang berkulit berminyak.

-Selalu pakai tabir surya tiap hari meski tidak sering beraktivitas di luar ruangan. Pada kenyataannya, langkah perawatan inilah yang terpenting buat lindungi kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan bahan alami dan mengandung SPF minimal 15 atau 30 untuk lindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.
-Konsumsi makanan yang sehat dan hindari stres berkepanjangan.

Lotion Untuk Kulit

Buat peroleh perlindungan yang lebih efektif, pilihlah produk losion yang sesuai sama jenis kulit. Misalnya untuk atasi kulit berminyak, pakai produk perawatan kulit yang khusus bertujuan mengurangi kadar minyak pada kulit biar terhindar dari masalah jerawat. Tapi apa pun jenis kulit kita, ahli kulit sehat menyatakan kulit indah dan bersinar merupakan hasil dari kebiasaan sehat dan perawatan kulit yang alami dan sederhana.

Sebagai organ tubuh terbesar dan terluar, kulit begitu rentan untuk terkontaminasi dengan kotoran atau bakteri atau mikroorganisme lainnya. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan kulit begitu penting. Sebab, mengabaikan gangguan kesehatan kulit sekecil apapun bisa akibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Kesehatan kulit yang terganggu juga bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri. Lagipula, siapa yang tidak mau miliki kulit yang sehat?

Seluruh orang pasti inginkannya, meskipun setiap orang miliki definisi yang beda soal kulit sehat. Tapi secara umum, kulit yang sehat ditandai dengan tekstur kulit yang lembut dan lembab, hingga membuat Anda merasa nyaman, bebas beraktivitas, dan percaya diri. Oleh sebab itu berikut ialah berapa tips untuk menjaga kesehatan kulit Anda:

Jangan merokok

Tips sederhana untuk jaga kesehatan kulit ialah dengan tidak merusaknya. Merokok ialah salah satu hal yang bisa merusak kulit sebab bisa membuat kulit Anda menua lebih cepat. Merokok bisa pecahkan kolagen yang bisa mengurangi elastisitas kulit dan merusak sel-sel kulit akibat racun tembakau.

Hindari konsumsi alkohol

Selain merokok, ternyata, minum alkohol juga bisa merusak kulit Anda. Konsumsi alkohol bisa membuat tubuh dan kulit Anda terdehidrasi, yang membuat kulit Anda tampak lelah dan tua. Berikut ialah berapa dampak alkohol pada kulit Anda :
-Alkohol bisa merusak organ hati, padahal hati merupakan organ yang berperan dalam menghilangkan racun dalam tubuh, termasuk alkohol. Sehingga saat organ itu rusak, jadi racun bakal terakumulasi dalam tubuh sebab tidak bisa dibuang dengan baik. Hal itu bisa terlihat dari kulit Anda yang terlihat kurang sehat/kusam/berjerawat.

-Baik merokok atau konsumsi alkohol membuat produksi kolagen berkurang. Kolagen berperan dalam menjaga kekencangan kulit Anda. Sampai-sampai, kurangnya cadangan kolagen pada tubuh membuat regenerasi kulit Anda menjadi tidak optimal. Akibatnya kerutan halus bakal lebih cepat timbul pada kulit Anda.

-Alkohol bisa lebarkan pembuluh darah, yang terutama lebih mudah terlihat pada daerah sekitar mata. Akibatnya, kulit Anda bakal alami kemerahan atau membengkak pada daerah kelopak mata.

Studi tertentu tunjukkan kalau alkohol bisa membuat ketidakstabilan hormon sehingga membuat produksi minyak bertambah. Akibatnya, hal ini bisa memicu timbulnya jerawat pada kulit.

Tidur cukup

Kurang tidur bisa membuat kulit Anda tampak lelah, kusam, dan lebih tua. Terlebih, makin sering Anda kurang tidur, makin tinggi resiko timbulnya kantung mata yang menghitam di bawah mata.

Kendalikan stres

Stres bisa menstimulasi kelenjar adrenal buat hasilkan kortisol, yang merupakan hormon utama stres yang terlibat dalam produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Jumlah lemak berminyak yang terlalu banyak inilah yang bisa menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *